Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Jumat, 05 April 2013

SUMBER BELAJAR

A. Pendahuluan
Sumber belajar berpengaruh sangat besar terhadap kualitas hasil belajar peserta didik. Pendidik yang memiliki wawasan luas tentang sumber-sumber belajar serta mampu mengoptimalkannya dalam pembelajaran, maka hasil belajar yang dicapainya akan lebih berkulitas jika dibandingkan dengan pendidik yang miskin wawasan tentang sumber-sumber belajar. 
Kualitas dan kuantitas sumber belajar yang tersedia di lingkungan belajar peserta didik akan sangat berpengaruh terhadap mutu output dan outcame. Lingkungan belajar yang memiliki sumber belajar yang kualitasnya tinggi serta jumlah dan ragamnya memadai akan jauh lebih baik kualitas oupput dan outcame-nya bila dibandingkan dengan kebalikannya.

B. Pengertian Sumber Belajar
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar (Sanjaya, 2010 : 228). Sedangkan  Munir (2010 : 131) menjelaskan bahwa sumber belajar adalah bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan dan diperlukan untuk membantu pengajar maupun peserta didik dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan pendapat para pakar tersebut di atas, maka dapat dijelaskan bahwa sumber belajar adalah bahan-bahan/ segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik dalam mengoptimalkan proses pembelajaran dan hasil belajar sesuai dengan harapan. Sumber-sumber belajar yang dipilih pendidik sejatinya dilakukan secara bervariasi agar memberikan pengalaman yang lebih luas kepada peserta didik. Semakin banyak sumber belajar yang dimanfaatkan pendidik maka semakin akan semakin baik proses pembelajaran dan hasil belajar yang dicapai. Selain itu, pendidik dalam menggunakan sumber-sumber belajar yang digunakan perlu disesuaikan dan dipilih berdasarkan kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi serta tujuan pembelajaran.

C. Fungsi Sumber Belajar
Berikut di bawah ini, dikemukakan sedikitnya enam fungsi sumber belajar.
1. Terciptanya program pembelajaran yang sistematis.
2. Membantu pendidik dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif.
3. Meringankan tugas pendidik dalam menyajikan materi pembelajaran, pendidik hanya perlu memotivasi
    belajar peserta didik.
4. Mempermudah peserta didik dalam belajar aktif dan mandiri.
5.Perserta didik belajar sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, bakat dan minatnya.
6. Peserta didik menerima informasi atau pengetahuan yang lebih luas tidak terbatas ruang dan waktu, dan 
    keterbatasan inderanya.

D. Jenis dan Klasifikasi Sumber Belajar
Sumber-sumber belajar yang dapat digunakan pendidik maupun peserta didik untuk optimalisasi pembelajaran dan hasil belajar, di antaranya penulis kemukakan berikut di bawah ini.
1. Kurikulum
Kurikulum sangat penting bagi pendidik karena merupakan pedoman utama dalam  menentukan standar kompetensi, kompetensi dasar serta menjabarkannya ke dalam indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajarannya.
2. Buku Teks
Buku teks yang digunakan pendidik hendaknya lebih dari satu jenis. Semakin banyak buku teks berkualitas yang digunakan pendidik dan peserta didik akan semakin lebih baik.
3. Media Elektronik Hasil Rekayasa Teknologi
Penggunaan komputer, televisi, VCD/DVD, dan radio dalam pembelajaran menciptakan pembelajaran yang efektif dan inovatif.
4. Internet
Internet merupakan sumber belajar yang sangat kaya dan sangat efektif bagi pendidik dan peserta didik, karena kaya akan informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
5. Surat Kabar dan majalah
Surat kabar dan majalah banyak sekali berisikan informasi yang berkenaan dengan bahan ajar.
6. Laporan Hasil Penelitian
Laporan hasil penelitian biasanya diterbitkan oleh lembaga penelitian, perguruan tinggi, atau para peneliti.
7. Jurnal
Jurnal adalah penerbitan hasil penelitian dan pemikiran ilmiah. Hasil penelitian ini kebenarannya telah dikaji dan diuji.
8. Nara Sumber
Nara sumber adalah orang-orang yang memiliki keahlian pada bidang-bidang tertentu. Nara sumber di antaranya terdiri dari: (1) pakar ahli mata pelajaran tertentu yang dapat diminta nasihat dan ilmunya, (2) kalangan profesional, yaitu orang-orang yang bekerja pada bidang tertentu, seperti bankir, dokter, dan lain sebagainya.
9. Lingkungan
Lingkungan yang dapat digunakan pendidik dan peserta didik untuk kepentingan pembelajaran, di antaranya: lingkungan alam, ekonomi, sosial, seni, budaya, teknologi, dan industri.

E. Daftar Pustaka
Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.


1 komentar:

 

Biografi

Melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku di zaman para pemimpin haus kekuasaan (penuh KKN, sistem premanisme)amat sangat sulit...Diriku termasuk korban prilaku "premanisme" Kadisdik, Ka UPTD Pendidikan yang dibantu oleh "herder-herder". "Ya Allah,Engkau-lah Yang Maha Adil dan Maha Mengadili..Sisa Rasa sakitku yang belum terbalas kuserahkan pada-Mu Yang Maha Pemberi Balasan Yang Seadil-adilnya."